fbinstagram

Belum terdaftar daftar disini

fiesta
1000

Pilih Bawangmu dengan Cermat, Famz!

Jumpa lagi dengan Mamita, Famz! Kali ini Mamita akan berbagi trik untuk memilih bawang agar masakan yang dihasilkan pun akan semakin mantap.

Bawang Bombay – Bawang Bombay kecil atau besar sama bagusnya & bisa dipakai untuk memasak. Pilihlah bawang yang bagus umbinya, masih keras dan kulitnya licin, kering dan melekat ke seluruh bagian bawang. Hindari bawang yang sudah agak rusak ujungnya & kulitnya terkelupas karena jika tak segera dipakai akan mudah busuk. Taruh dan simpan bawang ini di wadah kering dan di tempat kering agar umbinya tidak bertunas. Sebaiknya jangan menyimpan di dalam kulkas karena udara kulkas yang lembap membuat bawang mudah busuk atau bertunas.

Bawang Putih – Ketika memilih bawang putih usahakan untuk melihat bagian permukaan kulit bawang terlebih dulu. Cari bawang yang ukurannya besar, bersih, terang, kulitnya kering dan bagian bawang terlihat utuh dan tidak ada bagian yang terlepas dari bonggolnya. Jika bawang yang dibeli masih memiliki tangkai, usahakan untuk langsung membuangnya karena jika batang bawang dibiarkan maka bawang akan terasa pahit saat dimasak.

Saat sudah tiba di rumah, tangani bawang putih dengan cara yang benar, tempatkan bawang putih dalam wadah yang kering kemudian tempatkan dalam ruangan yang sejuk dan bersirkulasi baik. Jangan menyimpan bawang putih dalam lemari es karena rasa dan aroma bawang putih akan hilang dan kulkasmu akan terkontaminasi bau bawang yang tidak sedap.

Bawang Merah – Bila untuk membuat bawang goreng sebaiknya menggunakan bawang merah berukuran besar, sebaliknya untuk keperluan memasak gunakan bawang merah yang kecil. Yang paling pertama harus diperhatikan dalam memilih bawang adalah ujung-ujungnya, jangan pilih yang sudah mulai tumbuh tunas.

comments powered by Disqus